Monday, February 6, 2012

Sekilas Tentang Desa Tlagasari

SEKILAS TENTANG DESA TLOGOSARI KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN

Desa Tlagasari merupakan salah satu desa yang terletek di pegunungan Gombong Selatan, yang termasuk dalam tata pemeritahan Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebume. 

Secara geografis dari hasil pengadaan pengukuran tanah (hasil sismiop 2011) luas wilayah Desa Tlogosari yaitu 661,70 Ha dengan letak ketinggian dari permukaan air yaitu 2000 mdpl. 

Desa ini terdiri dari 3 dusun. Dusun dusun tersebut antara lain Tlaga (118 Ha), Kalipule (113 Ha), Kaligalang (115,7 Ha) dan Wilayah Hutan Negara (315). 

Sedangkan batas wilayah desa Tlogosari, yaitu: sebelah utara: desa Mangunweni, sebelah selatan: Desa Argosari sebelah barat: desa Candirenggo sebelah timur: desa Kalibangkang. 

Pembagian wilayah pemerintahaanya di desa Tlogosari terdiri dari 6 RW, 28 RT serta 28 Kelompok Dasa Wisma.

Desa yang dikepalai oleh Kepala Desa tersebut masyarakatnya hidup dari bercocok tanam dan mengandalkan hasil dari penderes gula kelapa. Berbagai tumbuhan yang dapat tumbuh subur didesa ini menjadikan masyarakatnya hidup makmur. 

"Angger masalah mangan sih ora kangelan, garep mangan sedina pingpira bae ana. Ning ya kuwe domongana nek nggolet duwit koh kayane angel temen" begitu ungkapan salah seorang warga kepada redaksi.

Tidak dipungkiri, desa yang terletak dipegunungan subur ini, tidak sulit untuk menanam tanaman apapun yang dapat menghasilkan makanan. Secara ekonomi memang banyak dijumpai tanaman-tanaman yang tidak terlalu produktip, atau tanaman produktip jangka panjang. (AHMD).

3 comments:

  1. Assalamu alaikum pak?
    Anu gula jawa payune mung nang lokal si la, dadine regane ya murah.Jane nek di promosikan aring luar negri apa ora bisa pak? Mbok menawane payu regane mandan duwur. Men wong penderes pada makmur.

    ReplyDelete
  2. Maturnuwun mas Saif Udin atas komentarnya; Gula jawa (murni) yang tanpa pengawet sebenarnya harganya cukup baik, apalagi menurut kabar teman-teman eksportir saya di luar negeri terutama belanda, gula jawa harganya cukup mahal.

    ReplyDelete
  3. di tambahi menu misal potensi desa > aparatur desa dll min.. men nyong sing adoh bisa ngerti.. maju terus pantang mbalek maning

    ReplyDelete